Kisah Muammar, Sarjana Kedokteran Yang Berprestasi

Oleh Muammar, S.Ked

Alhamdulillah segala puji dan syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya. Berkat qudrah dan iradahNya saya bisa menyelesaikan studi pendidikan dokter (S1) di Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah. Awalnya saya tidak pernah berpikir untuk kuliah di FK dan tidak punya cita-cita menjadi dokter. Tapi Allah memiliki rencana terbaik, ketika saya sangat ingin kuliah diluar (Timur Tengah dan lulus SNMPTN pilihan ke-tiga di Fakultas Kedokteran, saya takjub. Ketika saya tanya ibunda, beliau menjawab pilih Fakultas Kedokteran unsyiah. Bismillah saya bulatkan ni’at, kuatkan tekad insya Allah saya bisa dan Allah tahu jalan terbaik. 

Sejak saya menjadi mahasiswa FK Unsyiah, tentu saya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda. Terkesan di awal itu susah dan tidak sesuai dengan pergaulan pesantren. Tetapi seiring berjalannya waktu alhamdulillah saya dapat berinteraksi cepat dan dinamis. Tahun pertama penuh dengan lika-liku, saya mencoba belajar giat, tetapi hasilnya standard,  karena menerapkan study hard. Tahun kedua saya melakukan perubahan agar lebih baik lagi. Terasa berat, tetapi nikmat ketika saya bisa menerapkan study smart, hasilnya prestasi meningkat. Di sinilah saya dapat suatu hikmah yaitu: study smart, not study hard (belajar cerdas, bukan belajar keras).

Tahun ketiga penuh perjuangan untuk menggapai impian. Saya mengikuti berbagai kompetisi dan perlombaan tingkat Provinsi, regional, nasional, dan internasional di berbagai bidang seperti : MTQ, Olimpiade, Mawapres, Olahraga dan Seminar. Alhamdulillah dari 16 kompetisi yang saya ikuti pada tahun 2019, semuanya membuahkan hasil maksimal. Ada enam kompetisi prestisius yang saya raih selama di dunia perkuliahan:


1. Juara 1 Fahmil Qur’an MTQ Tingkat Unsyiah Tahun 2019

2. Juara 1 Fahmil Qur’an MTQ Mahasiswa Nasional Tahun 2019.

3. Bronze medal Regional & National Medical Olympiad Tahun 2019

4. Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Unsyiah Tahun 2019

5. Runner Up II Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019

6. Unsyiah Student Award kategori Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional dan Internasional.

Selain itu alhamdulillah juga aktif sebagai imam di masjid RSUZA Banda Aceh dan di berbagai komunitas kepemudaan. Saya mendirikan sebuah komunitas pemuda yaitu: SHAFF, yang aktif bergerak di bidang dakwah dan Alqur’an. Saya juga aktif menulis buku dan mengisi berbagai seminar kepemudaan di tingkat lokal dan nasional. Sekarang lagi merintis untuk menjadi national motivational speaker

Alhamdulillah tanpa terasa saya telah menyelesaikan pendidikan dokter selama kurang lebih 3,5 tahun dan mendapat gelar sarjana kedokteran S.ked). Saya yakin pada Allah jika kita memiliki niat kuat, tekad bulat dan nekat pasti bisa meraih hasil luar biasa. Ada secercah motivasi dari saya selama menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran yang super sibuk, tapi Alhamdulillah tetap bisa berprestasi maksimal. Belajar adalah suatu proses, nikmati dan hargai setiap proses, jangan banyak protes, insya Allah sukses. Kejarlah akhirat, insya Allah dunia pasti dapat, jadilah manusia yg menebar manfaat dan tidak menimbulkan mudharat.

Penulis Alumni Dayah Jeumala Amal 2016, Sarjana Kedokteran Unsyiah.

Muammar, S.Ked, Foto: Koleksi Pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.