Tgk. Hamdani Pimpin Dayah Jeumala Amal

BANDA ACEH – Ketua Umum Yayasan Teuku Laksamana Haji Ibrahim, Teuku Umar Laksamana MBA, Sabtu (13/1), menyerahterimakan jabatan Direktur Dayah Jeumala Amal Luengputu dari Abi M Daud Hasbi MAg kepada penggantinya, Tgk H Hamdani AR.

Pergantian direktur dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-30 Dayah Jeumala Amal dan dilaksanakan di kampus putri dayah yang didirikan H Teuku Abdullah, 30 tahun silam itu. “Dengan pergantian direktur dayah, kita berharap ke depan Jeumala Amal akan semakin berkembang. Dayah satu-satunya yang sudah berstandar ISO 9001-2008 dan ISO 9001-2015 ini, juga diharapkan bisa go international,” ujar Teuku Umar Laksamana MBA yang mendapat aplus dari para dewan guru, ustaz, ustazah, santri dan santriwati.

Hadir pada serahterima direktur dayah, Asisten I Setdakab Pidie Jaya, Drs Ridwan M Ali MPd, ketua perwakilan Yayasan Teuku Laksamana Haji Ibrahim, Prof Dr Usman Kasim, dan sejumlah kepala sekolah dan tokoh masyarakat setempat.

Prof Usman Kasim, selaku perwakilan yayasan pada kesempatan itu mengatakan untuk menjadikan Dayah Jeumala Amal go international, dayah harus membenahi kualitas guru baik yang mengajar di dayah atau yang mengajar di madrasah. “Untuk itu, kita akan segera melakukan peningkatan kompetensi guru yang ada di Jeumala Amal,” katanya.

Direktur Dayah Jeumala Amal, Tgk Hamdani AR, dalam sambutannya mengatakan meski berat pihaknya siap mengemban amanah untuk membawa dayah ini menjadi lebih baik ke depan. “Namun, untuk itu kami perlu dukungan semua pihak. Tak lepas dari sumbang saran dari Abi Daud Hasbi yang telah menahkodai dayah ini selama dua priode,” kata Tgk Hamdani.

Sementara itu, Abi Daud Hasbi MAg dalam kata-kata perpisahannya menyebutkan, selama enam tahun menjabat sebagai direktur dayah, bersama-sama dengan berbagai pihak telah banyak melakukan pembangunan dan renovasi gedung, berupa ruang kelas, ruang asrama, drainase, dan juga pengaspalan jalan di kampus.

Saat ini, Dayah Jeumala Amal memiliki 1.200 santri dan diharapkan pada tahun 2020 mendatang jumlah santrinya bisa mencapai 1.500 orang.

Namun, katanya, untuk menampung tambahan 300 santri lagi, dayah harus menambah ruang belajar dan ruang asrama. “Untuk pembangunan ruang kelas dan asarama itu kita sudah mendapat dukungan dana dari Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas Rp 1 miliar. Dan janji dari Wakil Ketua DPRA, Drs Sulaiman Abda sebanyak Rp 2 miliar,” katanya.

“Insya Allah, kalau pasangan Aiyub Abbas-Sayed Mulyadi terpilih kembali pada Pilkada tahun 2018 ini, Pemkab Pidie akan menggelontorkan dana tambahan untuk pembangunan Dayah Jeumala Amal Rp 2 miliar lagi,” ujar Abi Daud Hasbi.

sumber: http://aceh.tribunnews.com/2018/01/15/tgk-hamdani-pimpin-dayah-jeumala-amal