DAYAH JEUMALA AMAL MELAKSANAKAN APEL HARI SANTRI

Lueng Putu, 22 Oktober 2023. Dayah Jeumala Amal melaksanakan Apel hari santri nasional di Kampus Putra. Direktur Dayah Jeumala Amal Drs. Tgk. Hamdani Ar mengatakan bahwa pada tahun ini, pelaksanaan apel hari santri sedikit berbeda dengan sebelumnya, dimana tahun lalu Apel dilaksanakan di Kampus putri, namun tahun ini dilaksanakan di kampus putra. Alasannya adalah Ayah Ham (sapaan Untuk direktur) ingin mempromosikan kampus putra ke para tamu undangan yang luasnya hampir mencapai sepuluh hektar.
Apel ini diikuti lebih dari dua ribu santri dari berbagai dayah di Pidie Jaya. seluruh peserta terlihat sangat tertib dan khidmat. Wakil Bupati Pidie Jaya Dr. H. Said Mulyadi, M.Si yang  bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membaca amanat menteri agama RI mengatakan bahwa santri perlu berjihad dalam menuntut ilmu, lebih lanjut beliau menjelaskan kata “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.


Sementara itu, Ayah Ham menyampaikan bahwa pelaksanaan Apel ini tahun ini juga bentuk kerja sama antara Dayah Jeumala Amal dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya melalui Kemenag dan Dinas Dayah. Bentuk kerja sama ini tertuang dalam Renstra Dayah. Sebagaimana diketahui bahwa Dayah Jeumala Amal memiliki rencana strategis lima tahunan dalam membangun pendidikannya guna terarah, teratur dan terukur.

Ayah Ham berharap dengan pelaksaan Apel tahun ini, para murid Dayah Jeumala Amal lebih giat lagi dalam belajar, berdiskusi dan beribadah guna membangun negeri ini yang lebih baik. Harapan Ayah Ham ini sesuai dengan tema apel hari santri Nasional yaitu Jihad Santri Jayakan Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *