Dayah Jeumala Amal  Laksanakan Wisuda  ke 31

Lueng Putu. Dayah Jeumala Amal laksanakan wisuda kepada alumni Dayah Jeumala Amal tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, Sabtu, 20 Mei 2023. Sebanyak 518 Alumni Dayah Jeumala Amal diwisuda dengan rincian jumlah alumni Madrasah Tsanawiyah  sebanyak 281 alumni dan alumni Madrasah Aliyah sebanyak 237 alumni.

Hadir dalam prosesi wisuda ini, Ketua Umum Yayasan Laksamana Haji Ibrahim (Yaslak) Dayah Jeumala Amal (DJA), H.T. Umar Laksamana, MBA, Pembina berserta Pengawas Yaslak, Direktur  DJA, Drs. Tgk Hamdani AR (Ayah Ham), Wakil Bupati Pidie Jaya, Dr. H. Said Mulyadi, SE, M.Si , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Pidie Jaya, Ir. Jailani Beuramat, tokoh Ulama Tgk H. Anwar Usman atau akrab dipanggil Abiya Kuta Krueng sekaligus sebagai wali dari wisudawan. Turut hadir mewakili Regional CEO Bank Syariah Indonesia (BSI) Wilayah Aceh, Nana Mulyana.

Abiya Kuta Krueng dalam sambutannya mewakili wali dari wisudawan dan wisudawati menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada para Dewan Guru Dayah Jeumala Amal yang mendidik putra putri, terimakasih atas kebersamaannya mendidik anak-anak kami, sebut Abiya Kuta Krueng.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Yaslak Dayah Jeumala Amal, T. Umar Laksamana , MBA menyebutkan bahwa kami sangat bangga dengan mutu Dayah Jeumala Amal sekarang ini, bahwa Dayah Jeumala Amal tidak hanya mementingkan kualitas pendidikan saja, ada perhatian terhadap alam sebagai amanah Allah untuk menjaga bumi, oleh karenanya  Dayah Jeumala Amal melakukan prinsip PDCA dalam  lab alam, pengelohan rumah kompos. Limbah sampah harus diolah, rangkaian itu tidak bisa disimpan jika tidak ada Bank Sampah, karenanya semoga BSI menjadi sponsor Bank sampah dan pengelohan plastik bagi Dayah Jeumala Amal, harap ketua Yaslak Dayah Jeumala Amal.

Wakil Bupati Pidie Jaya dalam sambutannya menyampaikan  atas nama Pemerintah Pidie Jaya  sangat bangga dan bahagia Dayah Jeumala Amal telah melaksanakan wisuda ke 31.  Dayah Jeumala Amal adalah satu-satunya lembaga kebanggaan masyarakat Pidie Jaya. Beliau mengharapkan kepada Pengurus Yaslak untuk terus memberikan dukungan  dan perhatian dalam meningkatkan kualitas Dayah Jeumala Amal. Sampai saat ini Dayah Jeumala Amal masih berada di urutan teratas, kelulusan di Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam wisuda alumni DJA ke 31 ini, Dosen FEB USK, Dr. Fazli Syam Bz, SE, M.Si.Ak, CA memberikan kuliah umum dengan tema Ekonomi Sirkulasi yang Rahmatan Lil Alamin, Dr Fazli mengutarakan bahwa perencanaan ekonomi tidak boleh semuanya untuk konsumsi, harus ada penyimpanan dalam rangka investasi, yaitu investasi pendidikan  anak-anak. Hari ini para wali murid telah memetik investasinya dengan dilakukan wisuda kepada para Ananda  di level Tsanawiyah dan Aliyah. Hingga saat ini sudah 80 persen alumni DJA tahun ini diterima di Perguruan Tinggi Negeri baik tingkat Nasional maupun Provinsi.

Sirkulasi sebut Dr Fazli berarti berkelanjutan, dalam pendidikan akan melewati tahap selanjutnya. Kemudian bumi yang ditempati ini bukan warisan, kita telah meminjam dari generasi sebelumnya, dan kita bertanggung jawab untuk 10-20 tahun kedepan agar bumi ini bisa dimanfaatkan oleh anak cucu kedepan. Dr.Fazli yang juga Pengawas Yaslak menyebutkan ekonomi sirkulasi telah dicontohkan oleh Dayah Jeumala Amal melalui Pupuk Kompos, Lab Alam berupa kebun organik yang bisa dimanfaatkan hasilnya. Mudah mudahan Dayah Jeumala Amal menjadi rule model dalam hal ekonomi sirkulasi bukan hanya untuk Aceh, Indonesia tetapi Asia Tenggara. Selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati Dayah Jeumala Amal, tutup Dr. Fazli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *